10 Kue Khas Aceh: Manjakan Lidah dan Bawa Pulang Kenangan Manis - Suara Timur Daily
Travel Food

10 Kue Khas Aceh: Manjakan Lidah dan Bawa Pulang Kenangan Manis

×

10 Kue Khas Aceh: Manjakan Lidah dan Bawa Pulang Kenangan Manis

Sebarkan artikel ini
Kue Khas Aceh
Kue Khas Aceh

Suaratimurdaily.id – Aceh, provinsi di ujung barat Sumatera Utara, terkenal dengan kekayaan budayanya, termasuk kulinernya yang khas dan lezat. Salah satu yang wajib dicoba saat berkunjung ke Aceh adalah kue-kuenya.

Berikut 10 kue khas Aceh yang wajib dibeli sebagai oleh-oleh:

1. Kue Timphan

Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, dan telur. Adonan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Kue timphan memiliki rasa manis dan gurih yang khas, dan biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut.

2. Kue Bhoi

Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, gula, dan telur. Adonan dibentuk bulat-bulat dan digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Kue bhoi memiliki rasa manis dan gurih yang pas, dan teksturnya empuk dan lembut.

3. Bakpia Aceh

Kue ini terbuat dari kacang hijau, tepung terigu, gula, dan telur. Adonan dibentuk bulat-bulat dan dipanggang hingga matang. Bakpia Aceh memiliki rasa manis dan gurih yang khas, dan teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam.

Baca Juga:   Bika Ambon: Manisnya Sejarah, Ciri Khas, dan Cara Membuat Kue Tradisional yang Tak Lekang Oleh Waktu

4. Kue Adee

Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, dan telur. Adonan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Kue adee memiliki rasa manis dan gurih yang khas, dan teksturnya kenyal dan lembut.

5. Kembang Loyang

Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, gula, dan telur. Adonan dicetak dengan cetakan loyang dan digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Kembang loyang memiliki rasa manis dan gurih yang pas, dan teksturnya renyah dan ringan.

6. Kue Keukarah

Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, dan telur. Adonan dibentuk seperti jaring atau sarang walet dan digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Kue keukarah memiliki rasa manis dan gurih yang khas, dan teksturnya renyah dan ringan.

7. Sale Pisang

Camilan ini terbuat dari pisang yang diiris tipis dan dijemur hingga kering. Sale pisang memiliki rasa manis alami yang khas, dan teksturnya renyah dan chewy.

8. Kue Wajeb

Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, dan telur. Adonan dibentuk bulat-bulat dan dikukus hingga matang. Kue wajeb memiliki rasa manis dan gurih yang khas, dan teksturnya kenyal dan lembut.

Baca Juga:   5 Pilihan Kue Kering Lebaran Unik dan Cantik

9. Kue Srikaya

Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, gula, telur, dan srikaya. Adonan dibentuk bulat-bulat dan dipanggang hingga matang. Kue srikaya memiliki rasa manis dan gurih yang pas, dan teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam.

10. Kue Putu

Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, dan telur. Adonan dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dipipihkan di atas tungku arang. Kue putu memiliki rasa manis dan gurih yang khas, dan teksturnya kenyal dan lembut.

Tips Membeli Oleh-Oleh Kue Khas Aceh: